Dari kiri ke kanan, Suwidiyanti, M. Zainul Arifin, Moh. Ernam, dan Khusnul Isa saat pembukaan Sinergy Building Smamda Sidoarjo di hotel Padepokan Cahaya Putra. Jumat (13/9/2024). ( Dian Arif Fajar/ smamda.sch.id) Dari kiri ke kanan, Suwidiyanti, M. Zainul Arifin, Moh. Ernam, dan Khusnul Isa saat pembukaan Sinergy Building Smamda Sidoarjo di hotel Padepokan Cahaya Putra. Jumat (13/9/2024). ( Dian Arif Fajar/ smamda.sch.id)

Sinergy Building Smamda Cetak Siswa Cerdas Berintegritas, Sukses Berkualitas

Khusnul isa | 16 September 2024

Detail Berita:

SMAMDA.SCH.ID –SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo kembali menggelar Synergy Building. Perkaderan untuk kelas XII dilaksanakan di hotel Padepokan Cahaya Purnama (PCP) Trawas, Mojokerto, Jumat–Ahad (13-15/9/2024). Kegiatan Syinergy Building 2024 ini diikuti 385 siswa. Semua peserta kelas XII, mulai kelas XII-1 sampai kelas XII-11. 

 

Saat sambutan pembukaan, Jumat (13/9/2024) kepala Smamda Sidoarjo M. Zainul Arifin, menyampaikan bahwa Sinergy Building ini dilaksanakan untuk menyiapkan generasi unggul. Lulusan Smamda Sidoarjo harus diajak untuk selalu semangat dan gembira mengamalkan nilai–nilai Islam. “Sinergy Building ini dikemas dengan berbagai permainan menarik. Siswa diajari bagaimana cara membangun kerjasama dalam tim karena dengan bersama menjadi hebat,” ujar Zainul.

Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kemandirian. Semua siswa diajak untuk memunculkan keaktifan individu dalam kelompok. “Mengasah siswa untuk memecahkan suatu masalah. Memperkuat komunikasi efektif. Membangun kepercayaan diri siswa,” tambah Zainul.

Selain itu Synergy Building untuk memupuk kebersamaan dalam persahabatan. Siswa menjadi gembira dan tidak stres untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi atau jenjang selanjutnya. "Semoga kalian semua dapat melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi sesuai cita-cita. Jangan buru-buru menikah ya," gurau Zainul disambut dengan suara gemuruh tertawa  siswa.

Sementara itu ketua panitia Synergy Building, Suwidiyanti memaparkan tujuan diadakan acara ini. Mengusung tema, Cerdas Berintegritas Sukses  Berkualitas, lulusan Smamda Sidoarjo diharapkan memiliki kemampuan kecerdasan unggul sesuai dengan nilai-nilai Islam. “Kecerdasan yang dimiliki tidak hanya mampu berpikir logis. Namun juga mampu untuk melakukan sesuatu dengan karakter yang holistik,” papar Suwidiyanti.

Ketika siswa memiliki karakter ini, siswa dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. Hal ini sesuai situasi dan kondisi yang dihadapi dengan mendasarkan nilai-nilai Islam seperti kejujuran, amanah, dan tanggung jawab. "Jadi cerdas berintegritas itu adalah pondasinya. Sedangkan sukses berkualitas itu adalah hasil yang dicapainya sesuai dengan nilai-nilai Islam," lanjut Suwidiyanti.

Lebih lanjut guru matematika Smamda ini menyampaikan bahwa lulusan Smamda harus berkualitas siap menghadapi tantangan. “Jadi setelah Sinergy Building ini siswa mampu menjadi pelopor generasi unggul yang cerdas, tangguh, dan siap menghadapi tantangan kehidupan masa depan," pungkas Suwidiyanti. 

 

 

Editor : Moh. Ernam

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo