Peserta dari perwakilah sekolah SMP Kabupaten Sidoarjo Peserta dari perwakilah sekolah SMP Kabupaten Sidoarjo

Siapkan Calon Pemimpin, IPM Smamda Gelar Seminar Kader

Admin | 03 Mei 2024

Detail Berita:

Siapkan calon pemimpin, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Smamda gelar Seminar Kader di Auditorium Nyai Walidah, Senin (29/24).

Kegiatan tersebut diikuti para siswa dari jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Dimulai pukul 07.30, acara dikelola oleh panitia Pimpinan Ranting IPM SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Smamda).
Sie Acara Seminar Kader Mazaya menjelaskan, seminar kader ini target pesertanya dari para pengurus IPM/OSIS dari SMP/MTs yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Adapun para peserta yang telah mendaftar ada 65 peserta dari berbagai sekolah seperti:

1. SMPM 6 Krian
2. SMPM 5 Tulangan
3. SMPM 1 Sidoarjo
4. SMPM 8 Tanggulangin
5. SMPM 10 Sidoarjo
6. SMPM 9 Boarding Tanggulangin
7. SMPIT Insan Kamil
8. SMPN 1 Sidoarjo
9.  SMPN 2 Sidoarjo
10. SMPN 5 Sidoarjo
11. SMPN 3 Sidoarjo
12. MTsN 1 Sidoarjo
13. SMP PGRI 1 Buduran
14. SMPN 2 Candi
15. SMP Cendekia Sidoarjo
16. SMPM 4 Porong

Bekal Calon Pemimpin

Dalam sambutannya, Kepala Smamda Zainul Arifin mengatakan, setiap manusia itu adalah pemimpin. Pak Je, sapaannya kemudian mengutip dan membacakan QS. Al Baqoroh ayat 30:

?????? ????? ??????? ??????????????? ?????? ??????? ??? ????????? ????????? ? ??????? ?????????? ?????? ???? ???????? ?????? ?????????? ?????????? ???????? ????????? ?????????? ??????????? ???? ? ????? ?????? ???????? ??? ??? ???????????

Artinya: “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: ‘Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi’. Mereka berkata: ‘Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?’ Tuhan berfirman: ‘Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui’,
.” (QS. Al Baqarah: 30).

Menurutnya, Allah telah berfirman pada ayat ini, jika manusia adalah pemimpin, maka dari itu harus menyiapkan diri untuk menjadi pemimpin. Salah satu karakter dari pemimpin, kata dia, yakni harus bisa menguasai dirinya sendiri kemudian memberikan pengaruh baik terhadap orang lain. 

“Jangan sampai kita menyuruh orang lain displin tetapi kita tidak disiplin, jangan menyuruh orang lain tertib, tapi diri kita sendiri tidak tertib. Maka menguasai diri sendiri terlebih dahulu itu penting, sebelum kita bisa menguasai orang lain,” pesannya.

Saling Mengenal

Dalam acara tersebut, para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang setiap kelompok akan diacak dari berbagai sekolah. “Teknis kelompok kami buat begini agar bisa saling mengenal dan menambah relasi dari pengurus IPM/OSIS dari sekolah lain,” ungkap Mazaya.

Acara Seminar Kader disampaikan M Ridwan, alumnus Smamda yang saat ini sebagai Pimpinan Daerah (PD) IPM Kabupaten Sidoarjo, dengan mengangkat tema “Manage Yourself Before Controlling Others”.

Setelah seminar ada diskusi problem, pembuatan karya, dan juga presentasi karya. Kegiatan berlanjut pada School Tour, peserta akan diajak berkeliling di Smamda.

“Tujuannya, untuk mengenalkan budaya baik yang ada di Smamda dan memperkenalkan beragam fasilitas pembelajaran yang ada, seperti perpustakaan, ruang studio, dan sport center,” jelasnya. Di akhir acara, peserta akan mendapatkan sertifikat seminar, suvenir menarik, dan doorprize.

sumber berita : PWMU.CO

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo