Suwidiyanti (kanan), guru matematika Smamda Sidoarjo saat menjadi pembicara MGMP Matematika Sidoarjo, Senin (10/02/2025). (Dokumen pribadi/smamda.sch.id) Suwidiyanti (kanan), guru matematika Smamda Sidoarjo saat menjadi pembicara MGMP Matematika Sidoarjo, Senin (10/02/2025). (Dokumen pribadi/smamda.sch.id)

Memanfaatkan Gimkit untuk Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan dan Interaktif

Moh. Ernam | 17 Februari 2025

Detail Berita:

SMAMDA.SCH.ID – Penggunaan teknologi dalam pembelajaran semakin berkembang, termasuk dalam bidang matematika. Suwidiyanti, Guru Matematika SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo sekaligus Guru Sahabat Teknologi Jawa Timur, memperkenalkan pemanfaatan Gimkit sebagai platform pembelajaran berbasis game yang efektif. Ia menjabarkan penggunaan platform tersebut pada pertemuan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika se-Sidoarjo di SMA Negeri 4 Sidoarjo, Senin (10/02/2024.
Pada era digital saat ini, gadget menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan murid . Oleh karena itu, menurut Suwidiyanti, penting bagi guru untuk mengambil peran aktif dalam memanfaatkan teknologi ini secara positif agar dapat mendukung proses pembelajaran. "Pembelajaran harus berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan. Semua itu bisa dijawab dengan pemanfaatan teknologi digital seperti Gimkit," ujarnya.
Gimkit adalah platform yang memungkinkan guru dan murid  berinteraksi dalam kuis digital yang menarik. Platform ini memiliki berbagai fitur unggulan, seperti kuis interaktif, permainan tim, hadiah virtual, serta laporan performa murid . "Kalau kita menggunakan Gimkit, murid bisa belajar dengan cara yang menyenangkan sekaligus meningkatkan motivasi mereka," tambah Suwidiyanti.
Meski menawarkan banyak manfaat, penerapan Gimkit dalam pembelajaran juga menghadapi beberapa tantangan. Di antaranya adalah jaringan internet yang tidak stabil, listrik padam, serta keterbatasan keterampilan digital guru. "Guru sering kali berada di zona nyaman dan kurang familiar dengan teknologi baru. Padahal, dengan sedikit usaha untuk belajar, teknologi seperti Gimkit bisa sangat membantu dalam meningkatkan keterlibatan murid," ungkapnya.
Suwidiyanti juga memberikan panduan sederhana bagi guru yang ingin mencoba Gimkit dalam pembelajaran. Prosesnya dimulai dengan membuat akun Gimkit, membuat kuis atau game, memilih mode permainan, dan memainkannya bersama murid. Ia juga memberikan beberapa tips untuk memaksimalkan penggunaan Gimkit, seperti menyesuaikan pertanyaan dengan kemampuan murid, menganalisis laporan hasil kuis untuk strategi pembelajaran berikutnya, serta menggunakan variasi mode permainan agar murid tidak bosan. "Melibatkan murid dalam pembuatan kuis juga bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan pemahaman mereka," katanya.
Melalui pertemuan MGMP ini, diharapkan semakin banyak guru yang tertarik untuk memanfaatkan Gimkit dalam pembelajaran matematika. Penggunaan teknologi yang tepat, bisa membuat suasana belajar dapat menjadi lebih interaktif dan menyenangkan, sekaligus meningkatkan hasil belajar murid.

editor : Khusnul Isa

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo