Juara Presentasi Bahasa Jepang Jatim, Siswa Smamda Melaju Tingkat Nasional

Admin | 22 Januari 2024

Detail Berita:

Siswa Smamda (SMA Muhammadiyah 2) Sidoarjo Jawa Timur juara lomba Purezen Taikai atau Japanese Presentation, Ahad (21/1/2024).

Lomba ini adalah salah satu dari empat kategori Lomba Bahasa Jepang yang diselenggarakan Higashi Jawa no Nihongo no Kyoushikai (KPBJ Jawa Timur). Yaitu presentasi, kaligrafi Hiragana, desain karakter, dan MBVC (bercerita dongeng). 

Alif Syahfrullah Khan mewakili Smamda dalam kategori presentasi. Tahap penyisihan telah dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 204 melalui video presentasi dan naskah. Peserta yang mengikuti lomba sebanyak 15 siswa dari berbagai daerah di Jawa Timur. Finalis diambil 10 siswa. Dia final Khan meraih posisi kedua. 

Lomba presentasi ini adalah seleksi awal menuju presentasi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation. Pihak penyelenggara meminta tiap daerah untuk mengadakan lomba presentasi tingkat provinsi dan menjaring juara 1 dan 2 peserta menuju nasional. 

Khan mengaku gugup menjelang final. Namun dia tetap intens berlatih membaca materi, mengulang presentasi, danmenjawab pertanyaan baik sendiri dan bersama pembina. 

“Ini kali pertama sejak saya ikut Lomba Bahasa Jepang dari kelas X, dan langsung mengantar saya ke nasional,”ungkap siswa kelas XII ini. 

Khan berjanji akan terus berlatih, mencoba semakin mencintai bahasa Jepang dan memperdalam kemampuan bahasa Jepangnya. (*)

sumber berita : PWMU.CO

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo