IPM Smamda Sidoarjo Mengadakan Lomba Band SMP dan SMA

Admin | 13 Februari 2024

Detail Berita:

IPM SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo mengadakan lomba band SMP dan SMA, Ahad (11/2/2024).

Lomba bertajuk Smamda Festival 2024 ini berlangsung di Auditorium AR Fachrudin Smamda Sidoarjo. “Ada dua babak lomba band, babak penyisihan dan babak final,” terang Daviqa Sukmawati SPsi.

Perempuan yang menjadi pembina Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) ini menjelaskan, semua peserta harus melewati babak penyisihan. “Setiap band mengunggah satu video yang berisi satu lagu pada akun Youtube milik peserta ataupun sekolah. Full, tanpa batas durasi,” tambah perempuan yang akrab disapa Viqa.

Selanjutnya, tautan Youtube tersebut peserta kumpulkan pada Gform yang sudah panitia siapkan. Juri akan menonton dan menilai melalui tautan Gform tersebut.

“Hasil penilaian juri diumumkan 9 Februari 2024. Lima band peraih nilai tertinggi dari jenjang SMP dan SMA lanjut ke babak final dan tampil di Smamda,” urai Viqa.

Babak Final

Pada babak final, setiap band wajib membawakan dua lagu bebas. Setiap band diberi waktu untuk set up dan tampil selama 15 menit. “Panitia sudah menyiapkan drum lengkap. Untuk alat musik lainnya terserah masing-masing grup band,” lanjut guru BK Smamda itu.

Menurutnya, penampilan masing-masing grup band sudah luar biasa. Mereka sudah sering tampil dalam acara sekolah atau acara lainnya. “Ada drummernya perempuan. Gebrakannya tidak kalah dengan laki-laki,” terang Viqa.

Drum yang digunakan memang masih drum manual bukan drum elektrik. Kerasnya bunyi yang dihasilkan tergantung kepada kekuatan dan keahlian drummer yang memainkannya.

“Semua sudah jago dan hebat! Baik vokalis, gitaris, drummer, serta pianis sudah hebat semua. Juri mungkin bingung pilih pemenangnya,” seloroh Viqa.

Ada 12 grup band tingkat SMP dan 20 grup band tingkat SMA yang berlomba. “Semua sudah terseleksi dan tinggal 5 besar. Jadi 10 grup band yang tampil langsung di depan juri,” imbuhnya.

Lima grup band yang masuk babak final di tingkat SMP ialah Madani, The Pandemic, Hoshi, Rasio dan Altera. Sedangkan lima grup band yang masuk final di tingkat SMA ialah 9 Squad, Eunonian, Evil Moon, Tajam dan Smada Little. Pengumuman pemenang akan dilakukan saat awarding Smamda Fest, Sabtu (17/2/2024)

sumber berita : PWMU.CO

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo