Prof Abdul Mu’ti: Pendidikan Harus Menjadi Sarana untuk Melakukan Perubahan

Admin | 16 Januari 2024

Detail Berita:

 Prof Abdul Mu’ti mengatakan pendidikan harus menjadi sarana melakukan perubahan. Pernyataan itu disampaikan oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Abdul Mu’ti MEd dalam Seminar Internasional ‘Education for Global Impact’.

Acara diselenggarakan di Auditorium AR Fachrudin Smamda, Sabtu (13/1/2024) ini dalam rangkaian Milad ke-48 SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo, Jawa Timur.
   
Abdul Mu’ti menegaskan pendidikan adalah proses yang harus membawa perubahan pribadi seseorang atau perubahan suatu bangsa. 

Pendidikan juga adalah proses untuk memanusiakan manusia, sehingga manusia menjadi abdullah dan khalifatullah. Maka, menueutnya, pendidikan perlu menanamkan tiga hal penting yakni menjadikan seseorang sebagai pribadi yang knowledgealbe (serba tahu), capable (serba bisa), dan humble yang tetap berakhlakul karimah. 

“Maka pendidikan itu tentu harus berusaha memberi layanan dan fasilitas yang baik supaya murid kita dapat mencapai cita-cita,” tutur Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarat itu.

Tokoh Muhammadiyah yang pandai bercanda itu menyampaikan pendidikan harus menjadi sarana untuk melakukan perubahan. Menurutnya, pendidikan sebagai sarana mobilitas personal dan yang ingin dibangun kemudian adalah pendidikan sebagai sarana pembangun mobilitas nasional. 

“Maka harus memberi impact (dampak) yang positif di lingkungan masyarakat yang terdekat di mana pendidikan itu berada,” ungkapnya.

baca berita selengkapnya : PWMU.CO

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo