Info PPDB

Bergerak maju terus atau tergerus arus, pesan kepada sekolah untuk peserta diksuspala

Naimul | 31 Mei 2022

Detail Berita:

Peserta Pendidikan Khusus Kepala (Diksuspala) Spescial Edition field trip ke SMAMDA Sidoarjo Selasa (31/05/2022). 19 orang peserta yang datang ke SMAMDA Sidoarjo berasal dari berbagai daerah diantaranya dari Banyuwangi,Jember, Ngawi, Bojonegoro, Lamongan, Pasuruan, Mojokerto, Kediri, Nganjuk dan Sidoarjo. Diksuspala Special Edition di selenggarakan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur di Ubaya Training Center (UTC) sejak Sabtu (28/05/2022). Ada 120 peserta dari berbagai tingkatan sekolah mulai dari SD/MI sampai dengan SMA/MA/MK Muhammadiyah di Jawa Timur, namun dalam agenda field trip ini kunjungannya di sesuaikan dengan tingkatan sekolah asal peserta diklat.

 

Dr. Eko Hardiansyah, M.Psi struktural Majelis Dikdasmen PWM Jatim sebagai instruktur kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan field trip ini bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan Diksuspala untuk menimba ilmu langsung dari sekolah pilihan. "Ibaratnya SMAMDA ini seperti mata air yang memberikan manfaat kepada banyak pihak", ungkapnya. "Silakan bapak ibu peserta Diksuspala mengambil banyak ilmu dan manfaat dari sini", imbuh wakil rektor UMSIDA itu

 

Wigatiningsih,M.Pd kepala SMAMDA Sidoarjo dalam paparannya menyampaikan "Dunia sedang bergerak cepat, Amal Usaha Muhammadiyah bidang pendidikan sebagai tolak ukur. Bergerak maju terus atau tergerus arus". 

"Kepala sekolah, majelis penyelenggara dan stake holder saling bekerjasama", tuturnya.

"Banyak tantangan lembaga pendidikan saat ini diantaranya adalah gradasi moral dan lemahnya karakter, banyaknya profesi baru yang tidak didapat di jalur pendidikan. Sekolah harus bisa menjawab tantangan ini", pungkasnya.

 

Farid salah satu peserta dari Lamongan mengajukan pertanyaan kepada kepala sekolah "Bagaimana mengelola tim dari masing-masing bidang sehingga bisa saling bekerjasama?" 

 

"Salah satu dari banyak metode yang dilakukan adalah membangun komunikasi. Di SMAMDA setiap hari ada briefing guru dan karyawan sebelum jam pembelajaran", jawabnya.

 

"Banyak persoalan yang harus diselesaikan dengan segera melalui komunikasi yang baik", imbuhnya.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2021 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo