Detail Berita

  • Irfan
  • 02 September 2021

PELATIHAN QUR'AN METODE TAJDID MUSYRIF/MUSYRIFAH SMAMDA BOARDING SCHOOL

SMAMDA Boarding School Sidoarjo terus berbenah diri untuk meningkatkan kualitasnya. Dengan semangat Continuous Improvement, peningkatan kualitas sumber daya manusia, baik untuk para siswa (santri) asrama dan para musyrif/ musyrifah, dilakukan dengan berbagai macam pelatihan. Seperti Sabtu (28/8/2021), para musyrifah mengikuti pelatihan sebagai tutor pembelajaran Alquran. Training of trainer ini diadakan sekolah, bekerja sama dengan Tim Badan Tajdid Center PW Muhammadiyah Jatim.

Target pelatihan ini tak lain agar para musyrif/ musyrifah dapat memperdalam pengetahuan tentang cara membaca Alquran dengan benar dan selanjutnya dapat mengembangkannya dalam bentuk hafalan. Tentunya hal tersebut nantinya akan menguatkan kemampuan para siswa “Boarding School” dalam membaca dan menghafalkan Alquran dengan benar. Namun program Ismuba ini direncanakan juga untuk menguatkan kemampuan membaca dan menghafal Alquran seluruh siswa regular SMAMDA.

Pelatihan ini sudah berjalan sekali, Sabtu, 28 Agustus 2021. Tidak hanya sekali, melainkan akan berlanjut sampai 7 kali, setiap Sabtu, sampai 9 Oktober 2021, pk. 08.00 s.d. 12.00 wib. Materi-materi pelatihan yang dipelajari meliputi: kata kunci 1-5, a-i-u, kata kunci 6 – 10, mad, tanwin, sukun, tasydid, qomariyah, syamsiyah, cara mewaqofkan, hijaiyah, al-huruful muqoththo’ah, review tilawah, hamzah washol, iqlab, ghunnah, bacaan ro’, qolqolah, ikhfa’ bil ma’nal jaded, ghorib, tafhimul Qur’an, dan tahfidh SMAMDA, Do The Best!