Detail Berita

  • Mauludy
  • 25 Agustus 2021

SIMULASI PERTAMA ANBK ONLINE SISTEM PUSPENDIK TROUBLE.

Pelaksanaan uji coba atau simulasi ANBK (Assesment Nasional Berbasis Komputer) berlangsung pada hari selasa 24/08/2021 namun masih terkendala pada server puspendik, sehingga siswa tidak dapat mengakses soal pada sistem online tersebut.

Sebanyak 45 siswa smamda sidoarjo dari program studi mipa dan ips dengan dibagi menjadi 3 ruang lab komputer melakukan simulasi secara online. Namun tidak satupun siswa yang berhasil login, akses hanya sampai halaman pengisian  identitas setelah masuk user dan password, setelah itu muncul tulisan 404 dilayar komputer masing-masing siswa. Meskipun demikian siswa – siswi smamda sidoarjo tetap menunggu dengan sabar dan tenang hingga waktu yang ditentukan telah habis yakni selama 120 menit.

Burhan selaku proktor sekolah menjelaskan bahwa kendala yang terjadi bukan terletak pada sarana prasarana yang dimiliki sekolah. Melainkan berasal dari faktor sistem jaringan yang dirilis pihak puspendik pusat. “kami memiliki kecepatan internet yang jauh melebihi standart yang ditentukan namun masih trouble, Setelah saya melihat di group wa AKM SMA SIDOARJO ternyata mereka mengalami hal serupa”.

Pihak sekolah berharap agar puspendik  lebih mempersiapkan hal -hal yang menyangkut teknis pelaksanaan ANBK seperti servernya dan lain sebagainya nanti. Agar simulasi berikutnya tidak lagi terkendala kejadian yang serupa karena simulasi juga merupakan agenda yang penting untuk memantau serta mengukur kesiapan sekolah dan siswa untuk mengikuti ANBK mendatang.