Profil SMAMDA Kurikulum dan Pembelajaran


A. Kurikulum SMAMDA Sidoarjo
SMAMDA Sidoarjo mengembangkan kurikulum sendiri dengan mendasarkan pada Permendiknas Nomor 22 dan 23 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan, ditunjang oleh kurikulum ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) yang diterbitkan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah. Dalam rangka memenuhi standar RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional), mulai tahun pelajaran 2010-2011 SMAMDA Sidoarjo mengembangkan kurikulum lagi dengan melakukan adopsi dan adaptasi kurikulum internasional.

Struktur kurikulum SMAMDA Sidoarjo dikelompokkan menjadi dua, yaitu kelas X merupakan program umum yang diikuti oleh seluruh peserta didik, dan kelas XI dan XII merupakan program penjurusan yang terdiri atas 3 (tiga) Program Studi : (1) Program Bahasa, (2) Program Ilmu Pengetahuan Alam, dan (3) Program Ilmu Pengetahuan Sosial.

Berdasarkan PP No. 32 Tahun 2013 tentang standar nasional pendidikan perubahan No. 19 Tahun 2005 SMAMDA menyelenggarakan kurikulum 2013. Struktur kurikulum 2013 membuka 3 Peminatan yaitu Ilmu Bahasa & Budaya (IBB), Matematika & Ilmu Alam (MIA), Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) dalam perkembangannya istilah MIA diubah menjadi (Mamtematika & Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), sedangkan IIS diubah menjadi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pengambilan program peminatan (dahulu penjurusan) dimulai dari kelas X saat seleksi penerimaan siswa baru.

B. Pembelajaran dan Evaluasi di SMAMDA Sidoarjo
Pembelajaran di SMAMDA Sidoarjo menggunakan pendekatan konstruktifistik dengan memperhatikan kecerdasan majemuk (Multiple Intelligence) siswa. Model pembelajaran ini menfasilitasi siswa untuk menemukan suatu konsep yang dipelajari dan diajarkan oleh siswa dan guru. Sedangkan perhatian terhadap kecerdaan majemuk siswa mengarahkan model pembelajaran yang berusaha untuk menyeimbangkan antara gaya mengajar guru dengan gaya belajar siswa - yang penyajiannya menggunakan pendekatan yang bersifat joyfull learning. Setiap siswa mempunyai beberapa kecenderungan kecerdasan yang dimiliki dari 9 kecerdasan (smart) yang sudah ditemukan Gardner, yaitu : (a) kecerdasan liguistik (linguistic smart), (b) kecerdasan matematik logis (logic-math smart), (c) kecerdasan kinestetik (kinestethic smart), (d) kecerdasan inter personal(interpersonal smart), (e) kecerdasan intra personal (intrapersonal smart), (f) kecerdasan spasial (spatial smart), (g) kecerdasan musical (musical smart), (h) kecerdasan natural (natural smart), dan (i) kecerdasan eksistensial (excistensial smart).

Secara praktis pembelajaran di SMAMDA Sidoarjo dapat berlangsung di dalam kelas, di laboratorium, di perpustakaan, di masjid, di alam (lingkungan skolah) dan di luar sekolah, sesuai dengan kebutuhan dan pencapaian standar kompetensi masing-masing mata pelajaran. Beberapa mata pelajaran disajikan dalam bilingual, antara lain : Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi.

Kegiatan pembelajaran di SMAMDA Sidoarjo ini berlangsung dalam 6 (enam) hari efektif, hari Senin sampai dengan Sabtu, untuk kegiatan intra kurikuler dan ekstra kurikuler, masuk pukul 06.30 dan berakhir pukul 15.00 WIB. Khusus hari Sabtu berlangsung mulai pukul 06.30 dan berakhir pukul 11.00 WIB.

Sebagai upaya meningkatkan kompetensi siswa dalam berbahasa inggris, SMAMDA Sidoarjo memberikan tambahan native speaker yang memberikan pembelajaran bahasa inggris secara langsung kepada para siswa di kelas maupun di luar kelas, setiap kelas mendapatkan kesempatan berkomunikasi dan berinteraksi langsung dengan native speaker selama dua jam pelajaran per minggu. Di samping itu SMAMDA Sidoarjo juga member kesempatan untuk mengikuti pertukaran pelajar (students exchange) dan pertukaran guru (teachers exchange) ke beberapa sekolah di luar negeri.

Untuk mengukur tingkat kemajuan dan keberhasilan pembelajaran yang dijalankan, maka diadakan evaluasi dan penilaian, yang mencakup tiga ranah (kognitif, afektif, dan psikomotor). Pelaksanaan evaluasi dan penilaian ini dapat berlangsung pada proses pembelajaran, ulangan harian, ulangan tengah semester (UTS), ulangan akhir semester UAS), ulangan kenaikan kelas (UKK), ujian sekolah (US) dan ujian nasional (UN).