Informasi Boarding School 2019

PROGRAM BOARDING SCHOOL

SMA MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO



A.   Latar Belakang

Apalah gunanya pendidikan yang tinggi kalau tidak didukung dengan akhlak mulia? Mungkin itulah yang mendasari mengapa sekarang ini mulai merebak dimana-mana berkembangnya sekolah berasrama atau Barding School. Karena pendidikan yang tinggi bukan jaminan untuk mendapatkan kebahagiaan seseorang.

Smamda Boarding School merupakan program unggulan yang berbeda dengan sekolah/kelas umum. Selain tinggal di asrama juga ada tambahan pondok pesantren yang include didalamnya. Dapat dikatakan bahwa Smamda Boarding School adalah perpaduan antara persekolahan dengan dunia pondok pesantren.


B.   Visi dan Misi

Smamda Boarding School mempunyai Visi dan Misi sebagai berikut,

Visi: Islami, Cerdas, Mandiri

Misi:

1.    Mencitpakan santri/wati yang memiliki iman, taqwa dan berakhlaqul karimah

2.    Menciptakan santri/wati yang memiliki kompetensi di bidang bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Saintek

3.    Mencetak hafidz (hafal min 5 Juz, Juz 1, 2, 3, 29 dan 30)

4.    Mencetak santri/wati yang tangguh, bertanggungjawab, dan mandiri

5.    Menjadi uswah hasanah bagi siswa lain


C.   Profil Lulusan

1.      Santri asrama dapat mencapai target minimum hafalan al-Quran 5 juz (1, 2, 3, 29,dan 30)[1]

2.      Santri asrama siap menjadi da'i intelektual dan  berkarakter

3.      Santri asrama dapat melanjutkan di perguruan tinggi ternama di Indonesia

4.      Santri asrama dapat melanjutkan di Perguruan Tinggi luar negeri (Malaysia, thailand, Timur tengah, Dll)


D.   Kegiatan (Lihat Lampiran 1)

1.      Kegiatan Harian, adalah kegiatan yang rutin di kerjakan setiap harinya

2.      Kegiatan Mingguan, adalah kegiatan yang diadakan rutin setiap satu minggu ssekali

3.      Kegiatan Bulanan, Kegiatan yang diadakan rutin setiap satu bulan sekali

4.      Kegiatan per Semester, adalah kegiatan yang diadakan rutin setiap akhir semester


E.    Kurikulum (Lihat Lampiran 2)

1.      Proses Pembelajaran

2.      Target Pencapaian


F.    Tata Tertib (Lihat Lampiran 3)

1.      Tata tertib santri/wati

G.    Peserta Program Boarding School

1.      Siswa jalur regular dan kerjasama (gelombang II)

2.      Siswa yang mendaftar peminatan MIPA


H.    Kapasitas Boarding School

Siswa yang mengikuti program boarding school akan dikelompokkan dalam satu kelas dengan kurikulum yang berlaku (Lihat lampiran kegiatan). Adapaun kapasitas yang diberikan untuk boarding school adalah satu kelas dengan 36 siswa peminatan MIPA.


Lampiran 1

a.      Berikut ini adalah jadwal kegiatan harian:

Jam

Kegiatan

03.00-04.30

Qiyamul Lail dan Sholat Shubuh

04.30-05.30

Tahfidz al-Quran / Hadits (Hafalan baru)/Vocabularies/mufrodat

05.30-06.30

Persiapan, makan dan berangkat ke sekolah

06.30-13.00

Kegiatan sekolah

13.00-15.30

Istirahat siang+mandi+sholat ashar

15.30-17.00

Program diniyah dan  bahasa

17.00-19.30

Sholat maghrib, mahkamah lughoh, makan malam dan pembinaan ubudiyah dan sholat isya

19.30-20.30

Belajar/menyelesaikan tugas sekolah

20.30-21.30

Murojaah/setor hafalan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 




b.      Kegiatan mingguan

ü Murajaah Hafalan al-Qur'an

ü Public Speaking dan Khitobah

ü Muhadatsah

ü Olahraga

c.       Kegiatan bulanan (menyesuaikan)

Murojaah hafalan al-Quran

d.      Kegiatan semesteran

ü  Lomba Khitobah dan Public Speaking

ü  Lomba Tahfidz

ü  Miss dan Mr Language

ü  Miss Nisaiyyah

ü  Seminar dan Motivasi (Tutor dari luar)

Lampiran 2

a.      Proses pembelajaran tahfidz

*        Metode yang digunakan :

1. Individu dan Kolosal

2. Pembelajaran Tajwid dan Makharijul Huruf (Tahsin)

3. laporan dan Murojaah Hafalan

*        Tahun Pertama:  Juz 29 dan 30

*        Tahun Kedua   :  Juz 1 dan 2

*        Tahun Ketiga   : Juz 3 (pengulangan juz 1,2, 29 dan 30)

 

b.      Proses pembelajaran bahasa Arab

Buku yang digunakan :

1.      Durusul Lughoh

2.      Tamrinul Lughoh

3.      Al-Muhadatsah al-yaumiyyah

4.      Nahwu dan Shorf

Tahun Pertama:

ü  Fokus kepada buku 1,2, dan 3 dan dibiasakan untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Arab

Tahun Kedua : 

ü  Pengenalan dengan Qaidah bhs Arab (nahwu dan Shorf)

Tahun Ketiga:

ü  Pendalaman materi bhs Arab dari semua segi untuk persiapan muqobalah ke Universitas Luar Negeri

 

Target pembelajaran Bahasa Arab

Tahun Pertama:

ü  Siswa dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Arab dengan lancar

ü  Pembiasaan siswa untuk menggunakan Bhs Arab sebagai media komunikasi setiap hari

Tahun Kedua : 

ü  Siswa dapat menguasai Qaidah bhs Arab (nahwu dan Shorf) dan lancar berkomunikasi dengan bhs Arab

Tahun Ketiga:

ü  Siswa dapat mendalami materi bhs Arab dari semua segi untuk persiapan muqobalah ke Universitas Luar Negeri

ü   

Lampiran 3

Tata Tertib Asrama Siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo ini mengatur semua aspek yang terkait dengan kegiatan Asrama antara lain:

1.      Pakaian (ada himbauan)

2.      Masuk dan meninggalkan Asrama

3.      Perizinan

4.      Kegiatan asrama (ada kegiatan mingguan/bulanan/tahunan)

5.      Organisasi (IPM, HW, atau TS)

6.      Ibadah

7.      Kendaraan

8.      Pergaulan

9.      Barang larangan (Misal: Hp)

10.  Penghargaan Siswa

11.  Pelanggaran dan sanksi

12.  Pelaksanaan pembinaan dan penertiban Siswa

 



[1] rincian target hafalan: tahun pertama (juz 29 dan 30), tahun kedua (Juz 1 dan 2), tahun ketiga (juz 3)