Detail Literasi

  • Wigatiningsih, M.Pd.
  • 18 Maret 2021

UJIAN SATUAN PENDIDIKAN SMAMDA SIDOARJO

Tidak terasa, proses pembelajaran kelas XII di era Pandemi ini berakhir. Hampir setahun guru dan siswa melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) daring. Siswa belajar dari rumah berbekal paket data internet dan gawai atau laptop. Guru mendampingi belajar siswa dari rumah dan dari sekolah. semua dilakukan secara daring sehingga setahun nyaris tidak saling bertemu secara tatap muka di sekolah.

Sesuai aturan kemendikbud, bahwa berdasarkan surat edaran no. 1 tahun 2021 salah satu ketentuannya adalah meniadakan Ujian Nasional dan USBN. Kita ketahui beberapa tahun terakhir ini, Ujian Nasional dipakai sebagai syarat kelulusan. Dengan dihapusnya Ujian Nasional dan USBN, maka sebagai salah satu syarat lulusan siswa kelas XII adalah Ujian Satuan Pendidikan (USP), yang tahun lalu kita sebut Ujian Sekolah (US).

Sesuai Domnis yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, USP dilaksanakan serempak yang diberikan rentang waktu pelaksanaan mulai  1 sampai dengan 19 Maret 2021. SMAMDA Sidoarjo melaksanakan USP pada 1 sampai dengan 18 Maret 2021 yang mengujikan semua mata pelajaran. Bentuk USP ini juga dibagi dua yaitu praktik dan tulis. Yang praktik meliputi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan mata pelajaran muatan lokal yaitu Kemuhammadiyahan. Sedang yang lain dalam bentuk tulis melalui daring.

Pelaksanaan ujian praktik dilakukan di sekolah secara luring selama empat hari. Siswa datang ke sekolah sesuai jadwal ujian yang ditentukan. Semua wajib mematuhi ketentuan protokol kesehatan di masa pandemi.

Materi Ujian Praktik pendidikan Agama dan Kemuhammadiyahan ditentukan oleh tim guru Ismuba. Setiap siswa wajib melaksanakan materi ujian tersebut. Mapel Agama Islam diantaranya: Membaca Al Quran, hafalan surat dalam Al Quran, praktik solat. Sedangkan mapel Kemuhammadiyahan  adalah wawancara tentang wawasan kemuhammadiyahan.

Untuk memudahkan kontrol dan pengawasan siswa yang mengerjakan soal dari rumah, wali kelas diberi tugas sebagai pengawas USP di kelas masing-masing. Setiap wali kelas mengawasi siswanya melalui zoom yang disediakan sekolah. setiap siswa wajib mengaktifkan aplikasi Zoom dan e-learning sekolah. Setiap hari wali kelas memastikan siswa kelasnya mengikuti dan mengerjakan soal USP. Siswa juga dipastikan hadir via Zoom dan mengisi daftar hadir secara daring.  

Bentuk soal USP tulis pun dibuat lebih bervariasi. Bentuk soal mengarah pada bentuk soal AKM. Ada bentuk soal pilihan ganda, pilihan ganda komplek, menjodohkan, dan  isian jawaban singkat. Semua soal yang dibuat sudah sesuai dengan kompetensi yang diberikan kepada siswa. Semua soal juga sudah melalui telaah oleh tim telaah soal.

Ujian Satuan Pendidikan ini sebagai salah satu penilaian sekolah yang dijadikan untuk menentukan kelulusan siswa kelas XII. Pelaksanaan diatur sedemikian rupa untuk bisa memberi kemudahan siswa dalam  mengerjakan soal tersebut. Semua berharap hasil USP ini baik dan mengantarkan siswa kelas XII lulus, tentu  beserta syarat-syarat kelulusan yang lain.