Detail Literasi

  • Dra. Riana Wulan Ningrum
  • 04 Januari 2021

SMAMDA SEKOLAH RAMAH ANAK,

By Riana Wulanningrum

                                                                                                                                               

SMAMDA telah mendapatkan Predikat Sekolah Ramah Anak dari LPA Jatim (Lembaga Perlindungan Anak). Predikat ini tentunya menjadi hal yang penting dan harus bisa direalisasikan di SMAMDA.

SMA MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO (yang diwakili oleh Wakakur dan BK) merupakan salah satu sekolah yang terpilih dari 20 Sekolah di Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan undangan dari LPA (Lembaga Pendidikan Anak) Jatim untuk mengikuti Workshop yang diadakan oleh : LPA Jawa Timur , Dinas Provinsi Jawa Timur, Kanwil Kemenag Jawa Timur, bekerjasama dengan Biro Kesejahteraan Sosial pemerintah provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini di  selenggarakan dalam rangka Workshop Sekolah Ramah Anak/ SRA dan Buku Pedoman SRA serta Modul Perencanaan Pembelajaran yang Ramah Anak. Kegiatan tersebut dilakukan selama 5 hari diikuti oleh 20 sekolah dari 5 kota se Jawa Timur .

Tujuan dari diselenggarakannya acara tersebut adalah untuk  upaya mewujudkan terciptanya suasana perlindungan terhadap anak dengan Sekolah yang Ramah Anak.

Pendidikan yang bermutu adalah suatu bentuk pelayanan pendidikan yang akan diberikan kepada seluruh lembaga pendidikan di Indonesia. Hal ini merupakan sebuah keharusan, karena memang merupakan bagian dari amanah UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional , Pasal 5 ayat 1 yang berbunyi : Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh Pendidikan yang Bermutu.

Selain mendorong adanya sekolah yang memberi layanan yang bermutu, Pemerintah juga mendorong adanya suasana sekolah yang lebih Ramah terhadap Anak. Layanan sekolah yang Ramah terhadap Anak dalam Peraturan Mentri Pemberdayaan Perempuan dan Anak No. 8 tahun 2014 disebut dengan Kebijakan Sekolah Ramah Anak.

Diharapkan dengan mengikuti Workshop ini  sekolah mampu mewujudkan tentang Sekolah yang benar-benar Ramah Anak. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan, Smamda juga membentuk tim SRA dilingkungan sekolah untuk mempersiapkan semuanya . Setelah melalui beberapa proses penilaian tentang :

  1. Standar Isi
  2. Standar Proses
  3. Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  4. Standar Kompetensi Lulusan
  5. Standar Sarana Prasarana
  6. Standar Pembiayaan
  7. Standar Pengelolaan
  8. Standar Penilaian
  9. Best Practise Implementasi Sekolah Ramah Anak,

dari Tim LPA Jatim yang datang dan melihat langsung kesekolah, dan   juga Proses penilaian terhadap sekolah dilakukan dengan berbagai tahap, diantaranya yaitu adanya Pendampingan dari tim LPA, adanya Pembinaan-pembinaan dari tim LPA, kemudian dilanjutkan dengan berbagai Penilaian dari tim LPA Jatim yang membutuhkan waktu beberapa minggu. Dari hasil kerjasama tim SRA Smamda, pada akhirnya Alhamdulillah SMA MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO berhak mendapatkan SERTIFIKAT : “SEKOLAH RAMAH ANAK JAWATIMUR”   dengan kategori nilai A.

Sebuah “PREDIKAT” baru yang harus mampu kita realisasikan dan jaga bersama.