Petunjuk Login

1. Isikan username dengan benar

Username untuk guru dan karyawan adalah nomer urut karyawan, sedangkan untuk siswa dan alumni adalah dengan nis siswa

2. Isikan Password dengan benar

Password untuk guru, karyawan , siswa dan alumni untuk pertama kali login adalah tahun, bulan dan tanggal lahir contoh : 19880130

Untuk login selanjutnya, lakukan pengubahan password demi keamanan akun Anda

Terima kasih

Login Anggota

Artikel Guru


PERJALANAN DIMULAI

Diposting pada : 2017-05-03 | 16:13:39
Oleh : Wigatiningsih, M.Pd | Email : wigati.ningsih85@gmail.com | Dibaca sebanyak : 74 kali

PERJALANAN DIMULAI

Wigatiningsih

 

 

2 Mei 2017 adalah hari bersejarah. Selain diperingati oleh seluruh insan pendidikan di negeri ini sebagai Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2017 adalah hari bersejarahnya siswa kelas XII SMA/MA dan SMK. Sesuai dengan POS UN bahwa kelulusan siswa kelas XII SMA/MA dan SMK diumumkan pada 2 Mei 2017 bersamaan dengan keluarnya nilai hasil UN.

Teknis pengumuman lulusan dilakukan sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing. Ada yang diumumkan melalui web sekolah, sms gateway, surat, dan yang lain yang intinya tidak menghadirkan siswa ke sekolah. Mengapa itu dilakukan? Itu tentu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bersama. 

Siswa yang dinyatakan lulus oleh satuan pendidikan tentu hatinya sangat gembira. Tidak sedikit siswa yang lulus itu melakukan perayaan yang kadang tidak berpikir panjang. Mereka melakukan konvoi yang menganggu lalu lintas jalan raya, mencorat-coret seragam sekolah yang sebenarnya masih bisa dimanfaatkan oleh siswa lain yang membutuhkan; melakukan aksi miras bersama teman-temannya, dan perayaan lain yang sifatnya hura-hura.

Harus disadari bahwa berakhirnya masa SMA/MA/SMK mereka berarti  babak baru atau perjalanan baru dimulai. Artinya, selepas SMA/MA/SMK mereka mulai menentukan ke manakah setelah lulus. Bahkan sebelum lulus mestinya mereka sudah berpikir untuk ke mana selepas SMA.

Maka bersenang-senang ketika menerima kelulusan sebenarnya tidak perlu berlebihan karena pekerjaan besar sudah menunggu di depan untuk dimulai. Siswa mulai melakukan perjalanan panjang  menuju cita-cita yang diinginkan dan tidak bisa ditunda lagi. Yang memiliki kemampuan melanjutkan ke perguruan tinggi tentu harus segera menentukan pilihan mana perguruan tinggi, fakultas dan jurusan yang diambilnya. Yang menjatuhkan pilihan mencari pekerjaan maka harus membekali diri untuk menuju dunia kerja itu.

Menempuh perjalanan baru tentunya harus juga memiliki pemikiran baru. Gaya dan cara berpikir saat masa sekolah yang mungkin masih dipengaruhi jiwa muda harus mulai ditinggalkan. Sudah saatnya lulusan SMA/SMK berpikirkan secara dewasa. Kalau dalam peribahasa itu berbunyi “pikir dahulu pendapatan sesal kemudian tiada guna”. Segala sesuatu yang akan dikerjakan harus melalui pemikiran yang matang jangan sampai ada penyesalan di kemudian hari.

Selamat menapak perjalanan baru kepada anak-anakku yang baru lulus di 2017. Selamat menuju perjalanan panjang sampai pada titik kesuksesan. Wujudkan skenario hidupmu dengan tetap mengharap ridho Nya. Karena sesungguhnya Dia lah pemilik skenario yang sesungguhnya. Amalkan nilai-nilai yang pernah kau dapatkan ketika di bangku Sekolahmu tercinta. Tunjukkan bahwa kalian adalah pribadi yang luar biasa.

Komentar Artikel



Nama
Email
Website
Komentar
Masukkan Kode Verifikasi
 



 

Hubungi Kami :

SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, 61215
Jl. Mojopahit 666 B Telp. (031) 8921591, Fax (031) 8957099
Email : smam2.sda@gmail.com
Developed by ICT-team of SMA MUhammadiyah 2 Sidoarjo, Desember 2011

Layanan Konsultasi Website :

klik disini
Layanan Online Yahoo Messenger :