Petunjuk Login

1. Isikan username dengan benar

Username untuk guru dan karyawan adalah nomer urut karyawan, sedangkan untuk siswa dan alumni adalah dengan nis siswa

2. Isikan Password dengan benar

Password untuk guru, karyawan , siswa dan alumni untuk pertama kali login adalah tahun, bulan dan tanggal lahir contoh : 19880130

Untuk login selanjutnya, lakukan pengubahan password demi keamanan akun Anda

Terima kasih

Login Anggota

Coretan Siswa


Governmental E-Commerce Dongkrak Minat Pelajar Berwirausaha Online

Diposting pada : 2015-12-26 | 21:58:28
Oleh : Nailah Azkiya` | Email : | Dibaca sebanyak : 441 kali

Pada akhir tahun 2015, negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang tergabung dalam organisasi kerja sama regional Assosiation of South-East Asian Nation (ASEAN) memasuki era perdagangan bebas yang kita kenal dengan nama Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economy Comunity (AEC) yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN. Adanya kenyataan bahwa Indonesia harus menghadapi MEA di tengah kesiapan yang belum matang melahirkan tantangan tersendiri bagi Indonesia. Namun, di samping banyaknya tantangan yang harus dihadapi oleh bangsa Indonesia, ada pula peluang yang dapat dimanfaatkan yakni semakin terbuka lebarnya arus perekonomian di kawasan ASEAN tanpa ada lagi sekat wilayah. Peluang ini dapat dimanfaatkan oleh generasi muda Indonesia, termasuk pelajar dalam menghadapi MEA yakni melalui kegiatan berwirausaha dengan sasaran pasar yang sangat luas di kawasan ASEAN. Salah satu bentuk konkret dari wirausaha yang dapat dengan muda diterapkan langsung oleh pelajar adalah wirausaha online.

Namun, peluang wirausaha online seringkali terhambat oleh banyaknya penipuan yang dialami oleh konsumen ketika melakukan transaksi online sehingga menyebabkan berkurangnya kepercayaan konsumen pada kegiatan perdagangan online. Untuk itu, Pemerintah kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Perdagangan bekerja sama dengan Telkom Sidoarjo tengah mencanangkan sebuah program yang difokuskan pada pengintegrasian perdagangan online utamanya yang dilakukan oleh pelaku usaha kecil dan menengah atau UKM yang ada di kabupaten Sidoarjo. Melalui penelitian ini kami bermaksud mengetahui minat pelajar untuk turut berbisnis online dengan adanya program E-Commerce Integration yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Dari rangkaian penelitian yang telah kami lakukan, dapat diketahui bahwa para pelajar memiliki minat yang cukup besar untuk melakukan wirausaha online karena jenis wirausaha tersebut tidak memerlukan banyak modal serta menghasilkan lebih banyak keuntungan karena biaya promosi dapat diminimalisir dengan penggunaan internet, tidak terlalu banyak menyita waktu, dan dapat dilakukan di sela aktifitas belajar. Namun, terdapat beberapa hal yang membuat minat pelajar untuk melakukan wirausaha online berkurang, antara lain yaitu kurangnya waktu yang dimiliki karena tersita oleh padatnya jam belajar pelajar di Indonesia serta tingginya resiko penipuan yang dapat terjadi dalam transaksi online.

Penesaran dengan hasil penelitian yang telah kami lakukan? Laporan hasil penelitian selengkapnya dapat dibaca di perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Selamat membaca!

Komentar Artikel



Nama
Email
Website
Komentar
Masukkan Kode Verifikasi
 



 

Hubungi Kami :

SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, 61215
Jl. Mojopahit 666 B Telp. (031) 8921591, Fax (031) 8957099
Email : smam2.sda@gmail.com
Developed by ICT-team of SMA MUhammadiyah 2 Sidoarjo, Desember 2011

Layanan Konsultasi Website :

klik disini
Layanan Online Yahoo Messenger :