Kategori Berita

LAZISMU SMAMDA BERBAGI KE WARGA LUMAJANG


23 November 2020 - admin

Sehari setelah Milad Muhammadiyah ke-108, Kamis (19/11/2020), kami tim Lazismu SMAMDA Sidoarjo mengadakan Rihlah ke Lumajang. Rihlah ini bukan perjalanan biasa, karena tujuan kami ke Gedung Dakwah Muhammadiyah Lumajang, tepatnya di Jalan Brantas 36 Lumajang. Mungkin tidak berlebihan, bila dikatakan kami memperingati Milad Muhammadiyah dengan perjalanan ini. 
Tepat pukul 07.30 WIB, kami berangkat dari SMAMDA. Seragam Lazismu SMAMDA putih-orange  ikut menguatkan maksud kami dalam Gerakan Filantropi ini, berbagi daging kurban dalam bentuk jadi “RendangMu”  sebanyak 672 kaleng ke warga Lumajang. 
    Disambut penuh hangat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Lumajang oleh PDM, PDA, dan Lazismu, sekitar pukul 10.00 WIB. Saat itu kami bisa mengenal Bapak-Bapak Muhammadiyah dan Lazismu, serta ibu-ibu Aisyiyah yang penuh semangat ber-Muhammadiyah, seperti (Pak) Suharyo, Muari, Aminudin, (Bu) Lilik, Endang, Erna, dan Imas. Suguhan dari produk Aisyiyah  seperti jamu beras kencur, sinom, dan kunir asam dingin bisa kami nikmati. Terasa beda memang, kami menilai Muhammadiyah Lumajang benar-benar memiliki program kerja yang memperhatikan akar rumput. 
    Acara seremonial resmi pun dimulai, dua puluh menit kemudian. Dibuka oleh Pak Muari, ketua Lazismu  dan dilanjutkan sambutan-sambutan. Sambutan pertama, Wigatingsih, M.Pd., Kepala SMAMDA, dalam sambutannya menyampaikan  bahwa penyerahan RendangMu ini tak lain adalah bagian dari program kerja “Dakwah Terpadu”. Setiap tahun diadakan saat Idul Adha. Karena pandemi, kegiatan tersebut dirancang dengan memenuhi protokol kesehatan, yaitu dengan meniadakan massa yang berkumpul.
    “Dakwah Terpadu dilaksanakan di luar sekolah, tepatnya di tempat yang jumlah warga Muhammadiyah minim. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah buka puasa Arafah bersama, bersilaturahim, sholat Idul Adha, penyembelihan dan pembagian hewan kurban. Semuanya dilakukan bersama dan untuk warga setempat. Tahun 2020, program ini memang diperuntukkan warga Lumajang. Hanya saja dilakukan dengan cara berbeda. Sekolah bekerja sama dengan Lazismu PWM Jatim, yaitu dengan mengikuti program paket RendangMu dan saat ini kami serahkan. Mudah-mudahan tetap dapat memberi makna pada warga sekitar dan mendapat berkah dari Allah SWT, “ungkap Wigati lebih lanjut. Sesudahnya, Bu Wigati pun mengenalkan kami satu persatu. 
    Usai sambutan Kepala SMAMDA, detik-detik selanjutnya inilah kami seolah harus membuka mata lebih lebar tentang arti perjuangan amar makruf nahi mungkar sebagai bentuk pergerakan Muhammadiyah.
    Pak Muari memberikan informasi tentang Lazismu Lumajang. Sebagai kota kecil, Lumajang memiliki jumlah penduduk 1.300.000 orang dan 11% termasuk golongan miskin. Apalagi saat pandemik, jumlah masyarakat miskin bertambah. Alokasi zakat sebenarnya mencapai Rp 250 M yang dapat membantu masyarakat, tapi hanya lebih kurang Rp 10 M saja yang diserap. Kerjasama dengan Lazismu PWM Jatim juga dijalani, berupa order RendangMu sebesar Rp 85 jt yang sudah didistribusikan kepada warga.
    Sambutan Ketua PDM Lumajang, Pak Suharyo, juga membuat kami perlu meneladaninya. Bapak ini bercerita tentang B29 atau Ranu Pani, sebuah Kawasan yang paling tinggi dan dingin di Lumajang. Sebutan lainnya adalah desa di atas awan. Kalau berada di B29, seperti naik pesawat terbang karena dikelilingi oleh awan. Yang lebih penting adalah penduduknya masih muallaf dan masih perlu pembinaan berkelanjutan. Oleh sebab itu, Muhammadiyah di daerah tersebut dalam berdakwah juga menyesuaikan dengan kebutuhan. 
    “ Teman-teman Muhammadiyah di sana sampai membangun pipa air sepanjang 47 Km, agar penduduk bisa berwudlu. Masjid juga dibangunkan, agar penduduk dapat menjalankan ibadah salat dan lainnya dengan lancar. Lazismu juga lebih mudah berinteraksi dengan penduduk, “ungkap Pak Haryo.
    Pak Haryo menambahkan ceritanya tentang adanya fenomena di Gosari, selain Ranu Pani. Di daerah tersebut masih ada Kawasan hutan yang masih “perawan”, hanya bisa dilewati jalan setapak atau motor saja. Bila Khotib Jumat kehabisan bensin saat perjalanan ke desa tersebut, maka Salat Jumat pun libur. Untuk menjaga keberlangsungan Islam, khususnya terus ada Salat Jumat, pengurus Muhammadiyah dan Aisyiyah “urunan” bensin. Selain itu, masih ada warga yang tidak memiliki kartu keluarga.
    Patut diacungi jempol pergerakan Muhammadiyah-Aisyiyah Lumajang, sampai-sampai PP Aisyiyah memberikan penghargaan. Dakwah dilakukan dengan berbagai metode yang sesuai dengan medannya, untuk menjaga moralitas, mencerahkan mindset keagamaan, dan mendampingi dalam hal aplikasi pemahaman agama para warga. Amal usaha selain sekolah, juga diupayakan untuk melebarkan area dakwah, yaitu RS Muhammadiyah Lumajang, walau tipe D tapi sudah ditetapkan sebagai RS Rujukan Covid-19 dan SPBU. 
    Akhirnya acara seremonial diakhiri dengan serah terima RendangMu oleh Kepala SMAMDA kepada Ketua PDM Lumajang dan foto bersama. Kami pun pulang pukul 12.00 WIB.
    Rihlah ini benar-benar berkesan bagi kami. Selain bersilaturahim, kami memiliki pengalaman dari dekat tentang realisasi ber-Muhammadiyah. Ternyata masih banyak hal yang harus kami lakukan untuk membumikan QS. Al-Maun dan QS. Ali Imron: 104.  [Baca Selengkapnya]

PENDEKATAN SPIRITUAL SEBAGAI STRATEGI MENJAGA KESEHATAN MENTAL


05 Oktober 2020 - admin

Kegiatan parenting smamda kembali di selenggarakan, peserta parenting untuk wali siswa kelas XI, dilakukan secara virtual dengan menggunakan zoom meeting,  berlangsung pada Sabtu, 03 Oktober 2020 mengusung  tema KESEHATAN MENTAL DI MASA PANDEMI COVID 19. Hadir sebagai pemateri Dr. Hera Wahyuni, M.Psi Psikolog menyampaikan bahwa Memiliki kondisi mental yang sehat merupakan harapan setiap orang dalam tahapan kehidupan mereka.  Mengutip dari WHO 2015 Sehat mental diartikan sebagai kondisi individu yang berada dalam keadaan sejahtera, mampu mengenal potensi dirinya, mampu menghadapi tekanan sehari-hari, dan mampu berkonstribusi di lingkungan sosialnya. Ketidakpastian kapan berakhirnya pandemi covid 19  membawa dampak psikologi bagi remaja diantaranya adalah kecemasan, depresi, kebahagiaan, kesendirian, insomnia, mudah marah, kelelahan dan juga ketakutan. Dampak negatif yang dirasakan oleh remaja akan menurunkan daya imunitas tubuh begitu juga sebaliknya. Orang tua memiliki peran penting dalam membantu remaja untuk melewati pandemi ini dengan tetep sehat secara mental yaitu selalu menjaga komunikasi yang baik dua arah, kenali dan pahami  kelebihan dan kekurangan anak, melatih anak untuk mampu mandiri, mengajak anak melakukan kegiatan yang  produktif, orang tua selalu hadir dalam kehidupan anak denga kesungguhan hati, memberikan kesempatan pada anak terhubung dengan teman-temannya dan orang tua memberikan perasaan aman, nyaman baik secara fisik dan emosional. Ada beberapa tips umum yang bisa dilakukan oleh remaja da orang tua yaitu [Baca Selengkapnya]

PENDAMPINGAN ORANG TUA : “AMATI-DENGARKAN-LAKUKAN-HUBUNGKAN”


30 September 2020 - admin

Parenting SMAMDA Sidoarjo kembali digelar secara virtual pada Sabtu, 26 September 2020, untuk wali siswa kelas XII. Kegiatan ini juga sudah pernah diadakan sebelumnya secara virtual juga. Pada 25 Juli 2020 yang lalu, parenting ini sekaligus sebagai forum taaruf wali siswa (FORTAWA), yaitu perkenalan dan interaksi pertama sekolah dan wali siswa baru kelas X. Masih dengan narasumber yang sama, Dr. Hera Wahyuni, M.Psi., Psikolog, mengupas tentang pendampingan orang tua kepada anak dalam belajar di masa pandemi. [Baca Selengkapnya]

PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAMDA SIDOARJO


24 September 2020 - admin

Pengertian karakter menurut Pusat Bahasa Depdikbud adalah “bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, temperamen, watak”.  Adapun berkarakter adalah berkepribadian, berperilaku, bersifat, bertabiat, dan berwatak”. Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut.  Atau dengan melakukan Olah Hati (Spiritual and emotional development) , Olah Pikir (intellectual development), Olah Raga dan Kinestetik  (Physical and kinestetic development), dan Olah Rasa dan Karsa (Affective and Creativity development) untuk menjadikan peserta didik berkarakter mulia. [Baca Selengkapnya]

Guru SMAMDA Menebar Prestasi


21 September 2020 - admin

Sebuah kabar yang menggembirakan datang di awal bulan September. Salah satu guru pengajar SMAMDA, ibu Ifta Zuroida SE, MM., berhasil menjadi nara sumber untuk guru pembimbing khusus (GPK) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi. Tentunya hal ini sangat membanggakan seluruh civitas SMAMDA. Beliau merupakan satu-satunya guru SMA di Kabupaten Sidoarjo yang lolos untuk mejadi narasumber berskala Nasional. [Baca Selengkapnya]

SMAMDA SIDOARJO MENAMBAH MUSYRIF BARU PROGRAM ASRAMA


12 September 2020 - Wigatiningsih, M.Pd

Dalam rangka memperbaiki  pelaksanaan dan pengembangan program siswa berasrama, SMAMDA Sidoarjo berkomitmen untuk selalu mengevaluasi  pelaksanaan program kerja dan kinerja pendamping siswa berasrama. Istilah pendamping siswa berasrama  yang digunakan oleh SMAMDA adalah Musyrif untuk laki-laki dan musyrifah untuk perempuan. Hal ini dilakukan karena salah satu penyebab siswa kerasan berasrama adalah keberadaan musyrif dan musyrifah yang mumpuni; memiliki kapasitas baik keilmuan dan kecakapan sebagai Musyrif/Musyrifah. [Baca Selengkapnya]

SMAMDA Sidoarjo Mempersiapkan 16 Tahun Kedepan


10 September 2020 - admin

[Baca Selengkapnya]

MENGENAL BRANDING SMA MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO


10 September 2020 - admin

Sekolah Islam yang dinaungi persyarikatan Muhammadiyah sesungguhnya sudah mempunyai keunggulan tersendiri. Nama atau label Muhammadiyah itu sudah menjadi brand tersendiri. Siapa yang tidak kenal Muhammadiyah. Dia adalah persyarikatan Islam yang berdiri jauh sebelum Indonesia merdeka. Salah satu amal usaha yang dijalankan adalah pendidikan yang semuanya bernama Muhammadiyah. Sekolah Dasar sampai perguruan tinggi selalu diberi nama Muhammadiyah. [Baca Selengkapnya]

SISI LAIN DARI PENGKADERAN TAPAK SUCI


21 Agustus 2020 - admin

Artikel ini ditulis oleh Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo yang juga seorang kader ortom tapaksuci : Wigatiningsih, M.Pd 

  [Baca Selengkapnya]

Reuni Akbar SMAMDA Sidoarjo 44 Tahun


10 Februari 2020 - admin

Acara reuni ini digelar untuk menyatukan seluruh potensi alumni agar bisa menjadi kekuatan untuk kemajuan Smamda Sidoarjo dan para alumni. “Sebagai pemanasan menuju Smamda gemilang di usia 45, maka data base alumni telah kami catat dan akan kita gunakan untuk milad ke-45,” ujar perempuan kelahiran Lamongan ini. [Baca Selengkapnya]

Tim Rekto Smamda Berkesempatan Presentasikan Karyanya di gedung Grahadi


19 Desember 2019 - admin

Smamda - Pagi ini tim rekto (Rekayasa Teknologi) smamda nampak sibuk mempersiapkan salah satu hasil karyanya untuk di kemas masuk dalam salah satu mobil sekolah.  Pada kali ini rabu 18/12/2020 tim rekto tidak sendirian mendapatkan undangan resmi dari majelis dikdasmen pimpinan wilayah muhammadiyah jawa timur di gedung Negara Grahadi provinsi jawa timur. sebanyak 15 siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo yang lain juga mendapatkan undangan pada acara yang bertajuk Silaturrahim & temu sang juara siswa muhammadiyah jawa timur bersama wakil gubernur jawa timur. [Baca Selengkapnya]

Kado Istimewa SMAMDA Sidoarjo di Peringatan Hari Guru


26 November 2019 - Admin

Ucapan "Selamat Hari Guru" meluncur untuk para guru sebagai apresiasi atas dedikasinya mengabdi. Bahkan, pada Senin (25/11/2019) pagi, tagar #selamathariguru dan #harigurunasional menjadi trending di media sosial Twitter Indonesia.

Para guru smamda patut berbangga pasalnya pada peringakatan hari guru, siswa siswi smamda sidoarjo berhasil memberikan kado istimewa yakni berhasil menjuarai internasional APICTA (Asia Pacific Award ) 2019 di ha long vietnam pada tanggal 19 – 22 november. Tim rekayasa teknologi smamda yang beranggotakan Satria Naufal (12 MIPA 3), Syarif Rafi (12 MIPA 4), Khanza Aulia (12 MIPA 3), Tanaya Pradipta (11 MIPA 8), Muhammad Solikhudin (11 MIPA 8) berhasil meraih 2nd WINNER, Merit Award pada kategori Student Senior dengan karya : AMOFULE, Automatic Movement Intravenous Pole. [Baca Selengkapnya]

SISWI SMAMDA JUARAI DEBAT BAHASA INGGRIS, TINGKAT NASIONAL


09 Oktober 2019 - Admin

RAHMAH KAMILA, XI MIPA-1
Berhasil meraih 1st WINNER di ajang SPEECH COMPETITION, Ahmad Dahlan English Competition ADEC 2019 tingkat Nasional, Universitas Ahmad Dahlan, Jogjakarta.
Semoga semakin mengispirasi & memotivasi siswa SMAMDA untuk terus berprestasi.
Terima kasih atas doa Bapak Ibu semua. [Baca Selengkapnya]

Siswa SMAMDA Suarakan Peduli Iklim


30 September 2019 - Admin

SMAMDA - Beberapa hari ini, Indonesia dikejutkan dengan kabar tentang kebakaran Riau. Belum lagi, fakta
tentang sebagian daerah Jakarta selalu terkikis air laut lebih dari dua inchi pertahun.
Menjadikan Jakarta, kota paling rentan di dunia terhadap kenaikan air laut disebabkan oleh
perubahan iklim. [Baca Selengkapnya]

Mantra Sakti “Man Jadda Wajada” Untuk Generasi Hebat Smamda


17 September 2019 - Admin

SMAMDA – SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo kedatangan tamu ust Akbar Zainuddin, beliau merupakan motivator dan penulis buku Man Jadda Wajadah. Bertempat di Auditorium A.R Fachruddin senin 16/09/2019 seluruh siswa smamda mengikuti acara yang bertema generasi hebat raih sukses dengan spirit man jadda wajada. [Baca Selengkapnya]

Siswa Humoris Itu Pergi Untuk Selamanya


12 September 2019 - Admin

Smamda - "Solid sampai akhir hayat" pernyataan ini lah yang cocok untuk menggambarkan smamda sidoarjo siang itu, Rabu 12/09/2019 suasana duka dan khusyuk mengiringi sholat jenazah salah satu siswa smamda ananda Muhammad Irsyad Efendi (Aad) yang diikuti oleh seluruh siswa di masjid An – nur komplek perguruan muhammadiyah sidoarjo, sholat jenazah di lakukan setelah jamaah sholat dhuhur sekitar pukul 12.08 wib. [Baca Selengkapnya]

Bertanding Dengan Pesilat Internasional, Siswi SMAMDA Juarai World Championship


06 September 2019 - Admin

Smamda – Siswa smamda sidoarjo kembali mengukir prestasi tingkat internasional, bertempat di Gor Sritex Arena Solo Surakarta devina fitri amelia dan Erri Andita Putri Kusuma Dewi berhasil meraih juara 2 di kelas Ganda Putri Tangan Kosong pada ajang TAPAK SUCI WORLD CHAMPIONSHIP 2019. Kejuaraan dunia yang di selenggarakan oleh pimpinan pusat tapak suci putra muhammadiyah ini di gelar sejak tanggal 1 september 2019 hingga berakhir pada tanggal 5 september 2019 di ikuti oleh 547 pesilat dari 15 negara diantara lain jerman, palestine, mesir, malaysia, singapore, thailand, brunai, dan beberapa negara lain. [Baca Selengkapnya]

Didukung Bupati, SMAMDA Siap Meriahkan Event Gebyar Muharram 1441 H


03 September 2019 - Admin

SMAMDA – Gebyar Muharam (GEMA) yang diadakan oleh SMAMDA Sidoarjo memang masih kurang beberapa hari lagi, namun persiapan panitia yang di dominasi oleh Korps Mubaligh Muda Muhammadiyah (KM3) ini sudah mempersiapkan secara maksimal. Kemarin 2 September 2019 bertempat dikantor pemkab sidoarjo piala bupati secara resmi telah diserahkan kepada panitia sebagai salah satu hadiah lomba yang akan di perebutkan dalam event tersebut. [Baca Selengkapnya]

Mendidik Dengan Hati


02 September 2019 - Admin

Wigatiningsih - Dunia pendidikan adalah dunia setiap orang. Semua orang yang terlahir di muka bumi ini tidak lepas dari pendidikan, baik formal maupun nonformal. Pendidikan itu berlaku seumur hidup. Di pendidikan formal, semua orang melawati dengan fase-fase sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. [Baca Selengkapnya]

Ciptakan Karya Smart Parking, SMAMDA Juara ICT Tingkat Nasional


29 Agustus 2019 - Admin

SMAMDA – berputar putar ditempat parkir untuk mencari lokasi yang kosong adalah aktivitas yang tidak efektif dan membuang banyak waktu. Hal ini lah yang menginspirasi 3 siswa Smamda Sidoarjo yakni Syah tanaya paradipta, Muhammad sholikhuddin, Muhammad firzatullah ramadhani ketiga siswa yang keseharianya belajar di kelas XI Mipa 8 ini membuat karya SARMATION (Smart Parking Based on Navigation) dimana pengemudi tinggal pencet tombol ketika akan memasuki area parkir kemudian secara otomatis karcis tertulis lokasi mana yang kosong untuk ditempati pengendara dengan begini pengemudi tidak perlu lagi mencari lokasi parkir dengan waktu yang lama. [Baca Selengkapnya]

Outdoor Class Activity Nobar Film BUMI MANUSIA


26 Agustus 2019 - Admin

SMAMDA – Siang ini 26 Agustus ratusan siswa nampak semangat dan antusias keluar sekolah untuk melakukan pembelajaran di luar kelas. OCA (Outdoor Class Activity) untuk siswa kelas XII kali ini kolaborasi antara mapel Bahasa Indonesia dan mapel Sejarah Peminatan yang dilaksanakan di Platinum Cineplex Sun City Sidoarjo. Sebanyak 418 siswa dari kelas peminatan Bahasa, Mipa, dan IPS memenuhi 4 studio Platinum Cineplex Sun City Sidoarjo menyaksikan diputarnya film BUMI MANUSIA karya sutradara muda berprestasi, Hanung Bramantyo. Film ini diangkat dari novel sejarah karya Pramudya Ananta Toer. Novel yang berkisah tentang relevansi pergulatan cinta antara Annelis dan Raden Mas Tirto Adhi Soerdjo atau Minke, dan kelas sosial di pemerintahan Hindia Belanda. [Baca Selengkapnya]

SMAMDA Sidoarjo Siapkan Siswanya S1 Ke Polandia


26 Agustus 2019 - Admin

SMAMDA - Studi di luar negeri, merupakan imipian banyak siswa. Karena itulah Yayasan Kerjasama Polandia – Indonesia “Nusantara” mengunjungi SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo pada hari Jumat, 23 Juli 2019. Yayasan “Nusantara” merupakan Yayasan berasal dari Polandia yang memiliki visi mempererat hubungan antara Polandia dan Indonesia, yang dilakukan dengan mempromosikan budaya Indonesia di Polandia dan mempromosikan budaya Polandia di Indonesia. Yayasan yang baru berdiri pada bulan April 2019 di Warsawa ini , selama bulan Juli dan Agustus berkunjung ke sekolah-sekolah di Indonesia untuk memberikan sosialisasi mengenai budaya dan perkuliahan di Polandia. [Baca Selengkapnya]

Siswa SMAMDA cari 7 unsur budaya di pemandian jolotundo


25 Agustus 2019 - Admin

SMAMDA - Sabtu 24 Agustus 2019 kelas XI IBB ada kegiatan Pembelajaran Luar Kelas (PLK). Kegiatan PLK ini di fokuskan di Desa Seloliman, Kec Trawas, Mojokerto dan Area Pertirtaan Jolotundo. Sebanyak 24 siswa ini menggali tujuh unsur budaya yang ada di masyarakat tersebut. [Baca Selengkapnya]

Smamda Gelar 2 Event Besar Dalam Sepekan (Roadshow BBS TV & DBL Jatim)


22 Agustus 2019 - Admin

SMAMDA- Pagelaran event dua hari berturut turut di Smamda sidoarjo pada tanggal 20 -21 agustus 2019 membawa kesan bagi sekolah yang berada di jantung kota sidoarjo ini, karena terpilih sebagai sekolah berprestasi pada dua events yang berbeda. Diawali pada hari selasa 20 agustus 2019 BBS TV dengan Axis XL Axiata sebagai sponsor utama menyelenggarakan Axis Goes to School AWSEM. Di event ini semua ekstrakurrikuler unggulan SMAMDA yang telah berhasil mempersembahkan prestasi-prestasi terbaiknya di tingkat nasional dan juga di ajang internasional diekspos secara meriah. Satu persatu ekstra unggulan digelar didepan ratusan siswa SMAMDA di aula utama SMAMDA, Aula AR. Fachrudin. [Baca Selengkapnya]

3 Siswa SMAMDA Lolos Seleksi Paskibraka kabupaten


19 Agustus 2019 - Admin

Lolos seleksi pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) merupakan prestasi dan impian yang sangat luar biasa bagi sebagian siswa – siswi Tingkat SMA , rasa seneng dan bangga inilah yang dirasakan 3 siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Bersaing dengan puluhan pelajar dari sekolah lain untuk mendapatkan posisi paskibraka tingkat kabupaten membuat Farisa Alya XI Mipa 5, Satria Aqillah XI Mipa 8, dan Akhmat Ainul Yakhin tidak henti henti bersyukur, 3 siswa smamda sidoarjo beserta anggota paskibraka terpilih pada tanggal 16 agustus 2019 secara resmi dikukuhkan oleh bupati sidoarjo Saiful Ilah sebagai anggota paskibraka kabupaten sidoarjo tahun 2019 . prosesi resmi bertempat di pendopo kabupaten sidoarjo pada pukul 18.00 Waktu setempat.
yudi prianto wakil kepala sekolah yang juga ikut mendampingi siswa siswi nya dalam acara tersebut menyatakan turut bangga serta berharap siswa siswi nya dapat menjalankan tugas negara dengan baik. [Baca Selengkapnya]

Pidato Kepala SMAMDA Sidoarjo Pada Upacara HUT ke-74 Republik Indonesia


17 Agustus 2019 - Admin

Pidato Kepala SMAMDA Sidoarjo [Baca Selengkapnya]

Dakwah Terpadu Smamda 2019


13 Agustus 2019 - Admin

Koran radar Sidoarjo edisi Rabu 13 Agustus 2019. Memuat berita tentang kegiatan dakwah terpadu SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Di desa Grogol kecamatan Tulangan kabupaten sidoarjo [Baca Selengkapnya]

Puluhan Siswa Siswi SMAMDA Panen prestasi Internasional


29 Juli 2019 - Admin

SMAMDA - gelar the school of champion memang sangat pantas diberikan kepada SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Bulan juni 2019 siswa siswi smamda kembali panen prestasi di beberapa kejuaraan internasional. [Baca Selengkapnya]

SMAMDA Menjadi Tuan Rumah Pembinaan Karya Sastra


24 Juli 2019 - Admin

Senin 22 Juli 2019 sampai dengan 12 pekan ke depan SMAMDA menjadi tuan rumah Pembinaan Apresiasi Penulisan Karya Sastra, oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur yang diikuti oleh siswa SMA/SMK di Sidoarjo. [Baca Selengkapnya]

SISWA SISWI SMAMDA IKUTI KOMPETISI INTERNASIONAL


24 Juli 2019 - Admin

Assalamualaikum w.w. 
Mohon doa & dukungan Bapak Ibu untuk siswa SMAMDA;
1. 24-25 Juli, SMAMDA Voice tampil di Bali International Choir Festival BICF 2019 [Baca Selengkapnya]

Siswa Smamda Sidoarjo Implementasi Qs Al – Baqoroh 43


10 Mei 2019 - Admin

Jika di luar ramadhan siswa siswi ramai ke kantin, saat bulan ramadhan siswa dan siswi smamda ramai penuhi stan zakat di sekolahnya, inilah salah satu program yang diterapkan oleh sekolah SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo mulai tanggal 8 sampai dengan 28 mei 2019 membuka stan untuk menerima siswa siswi yang hendak menyalurkan zakatnya. pelayanan penerimaan zakat dimulai pukul 08.00 – 11.30 WIB dengan ketentuan zakat fitrah dapat berupa beras dengan berat 2.7 Kg dan Zakat Fitrah berupa uang sebesar Rp 35.000,-

koordinator panitia zakat Furqon Zendy menjelaskan bahwa ini merupakan salah satu pembelajaran bagi siswa siswi bahwa berzakat hukumnya wajib yang dikeluarkan dari sebagian harta kita sebagaimana yang tertulis dalam Al Qur’an Surah Al – Baqoroh 43, kami tidak mentargetkan pencapaian dari program ini dalam kuantitas perolehan jumlah zakat, yang terpenting kami dapat memberikan pembelajaran bagi siswa akan kewajiban berzakat. [Baca Selengkapnya]

Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Hots


08 April 2019 - Admin

SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo memanfaatkan waktu break UNBK untuk kegiatan workshop, bertempat diauditorium nyiwalidah smamda sidoarjo [Baca Selengkapnya]

Ratusan Siswa Smamda Usung Moral’s day, Tolak Valentine Day


15 Februari 2019 - admin

Ada pemandangan berbeda di halaman SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Smamda). ratusan siswa yang terdiri dari kelas X dan XI berkumpul untuk melakukan long march dan orasi bertajuk tolak valentine day. Acara yang di motori oleh IPM dan Smamda Holic ini memang menyita perhatian warga sekolah. Bagaimana tidak, sejak pagi hari sudah ada aksi tanda tangan menolak perayaan Hari Valentine, Selasa(14/2). Mereka tanda tangan di atas kain putih yang dipasang di koridor sekolah. Sejumlah spanduk dan poster juga tampak menghiasi aksi ini. [Baca Selengkapnya]

Inilah Salah Satu Cara Latihan Mental di Sekolah SMAMDA Sidoarjo


23 Januari 2019 - admin

Kemarin 21 januari 2019 di masjid An – Nur salah satu siswa M.Azmi  berhasil membuktikan di depan ribuan jamaah sholat dhuhur siswa-siswi SMA Muhammdiyah 2 Sidoarjo bahwa dirinya mampu berkultum menggunakan bahasa Arab dengan sangat lancar di depan umum dengan Tema “berbuat baik kepada orangtua” tanpa rasa ragu dan penuh percaya diri.
Dia mengutip sebuah hadits yg saat itu Rasulullah menyebut "ummi" 3 kali, baru menyebut "Abi"
ceramah mengingatkan kepada kita untuk menghormati dan menghargai orangtua.
inilah salah satu program Ekskul KM3 (Koorps Mubaligh Muda Muhammadiyah) di sekolah SMAMDA Sidoarjo.
Pak Fuad Syukri pembina Ekskul KM3 menjelaskan bahwa kami jadwalkan setiap hari senin berkultum bahasa asing seperti bahasa arab dan inggris, selasa-rabu untuk bahasa indonesia. anak anak kami siapkan sebelum tampil ada gladi kotor dan gladi bersih di ruang ISMUBA yang sudah di set menggunakan mimbar agar persiapan lebih matang dan anak anak bisa lebih percaya diri. [Baca Selengkapnya]

Kisi-kisi UN dan USBN 2019


30 November 2018 - Kurikulum

Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun 2019 sedang dalam proses persiapan. Kali ini Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merilis kisi-kisi UN dan USBN berdasarkan Surat Keputusan Nomor:0296/SKEP/BSNP/XI/2018 tentang Kisi-kisi Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor:0297/SKEP/BSNP/XI/2018 tentang Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019. Berikut adalah kisi-kisi UN dan USBN yang telah di sesuaikan dengan program studi di smamda. [Baca Selengkapnya]

Bulan Bahasa SMAMDA 2018


07 November 2018 - Admin

PWMU.CO-Gebyar Bulan Bahasa ala Smamda Sidoarjo benar-benar menjadi ajang mengenalkan bahasa. Termasuk Bahasa Jawa. Caranya lewat lomba menyanyi campur sari di halaman sekolah, Selasa (6/11/2018). [Baca Selengkapnya]

Prototipe Brankar Ambulans Karya Siswa Smamda Juara di Ghuangzhou China


25 Oktober 2018 - Yudi Prianto

Prestasi membanggakan diukir siswa-siswi SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, diajang apicta 2018 yang digelar di Guangzhou, China bulan oktober ini.
  [Baca Selengkapnya]

Siswa SMA ciptakan "s-lockroid" antimaling berbasis Android


25 Oktober 2018 - Yudi Prianto

Sidoarjo (ANTARA News) - Siswa kelas 11 SMA Muhammadiyah Dua (Smamda) Sidoarjo, Jawa Timur berhasil menciptakan karya yang diberi nama "s-lockdroid" (smart locker based on android), sebuah kunci loker berbasis Android yang diklaim alat antimaling.
[Baca Selengkapnya]

Inovasi Siswa SMAMDA Sidoarjo Pukau Gubernur Jatim


03 Oktober 2018 - M Mauludy Falaakhy

Inovasi siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menjadi salah satu karya unggulan di Jawa Timur. Karya tersebut ialah ANSONT (Android System And Orientation Sense Transportation) yang dipamerkan dalam gelar Rakor Kepala SMA negeri dan swasta se Jatim, Senin (23/4). [Baca Selengkapnya]

Siswa SMAMDA Ikuti Konferensi Internasional


03 Oktober 2018 - M Mauludy Falaakhy

Tuntas menghadapi proses belajar mengajar di sekolah hingga Ujian Nasional (UN), siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (SMAMDA) yang satu ini tidak lantas segera bersantai. Fayza Ardiansyah, siswa kelas XII itu justru berangkat ke Kuala Lumpur mengikuti MUN (Model United Nations) International Conference. [Baca Selengkapnya]

Tiru Semangat Perang Badar, Siswa SMAMDA Jalani Puasa di Hari Pertama


03 Oktober 2018 - M Mauludy Falaakhy

Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA berjalan mulus di SMA Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Sidoarjo, Senin (9/4). Para siswa optimis ujiannya akan mudah dihadapi karena telah melakukan beragam persiapan. Salah satunya dengan berpuasa sunnah Senin – Kamis. [Baca Selengkapnya]

PENGHARGAAN ALUMNI SMAMDA


05 Maret 2018 - admin

SIDOARJO: Universitas Ciputra apreasi SMAMDA atas prestasi alumni sebagai lulusan berpredikat CUM LAUDE.

(IRA) [Baca Selengkapnya]

SMAMDA Festival 2017 Menghadirkan Penulis Buku AADC 1 & 2 Nadia Silvarani


10 September 2017 - admin

Sidoarjo Pos-Gaung riuh rendah, sorak sorai ribuan siswa-siswi SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (SMAMDA) telah menggema di seluruh sudut ruang Auditorium SMAMDA. Mereka memeriahkan puncak acara pentas seni yang dikemas dalam ‘SMAMDA Festival 2017. [Baca Selengkapnya]

Dakwah On The Street IPM SMAMDA Gembirakan Anak-anak Jalanan Sidoarjo


10 September 2017 - admin

Sidoarjo Pos-Jelang berbuka puasa, puluhan kader IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) SMAMDA Sidoarjo berbondong-bondong menuju Pendopo Disporapar Sidoarjo. Mereka menyelenggarakan kegiatan bakti sosial Ramadhan Produktif bertajuk ‘Dakwah On The Street’. [Baca Selengkapnya]