Detail Berita

  • admin
  • 10 September 2020

MENGENAL BRANDING SMA MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO

Sekolah Islam yang dinaungi persyarikatan Muhammadiyah sesungguhnya sudah mempunyai keunggulan tersendiri. Nama atau label Muhammadiyah itu sudah menjadi brand tersendiri. Siapa yang tidak kenal Muhammadiyah. Dia adalah persyarikatan Islam yang berdiri jauh sebelum Indonesia merdeka. Salah satu amal usaha yang dijalankan adalah pendidikan yang semuanya bernama Muhammadiyah. Sekolah Dasar sampai perguruan tinggi selalu diberi nama Muhammadiyah.

SMA Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Sidoarjo adalah satu di antara ribuan sekolah Muhammadiyah yang didirikan di Indonesia. Selain memiliki branding Muhammadiyah, untuk menjadikan sekolah ini berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat, SMAMDA memunculkan branding yang lain, diantaranya:

  1. SMAMDA Talent School. Warga sekolah tidak hanya memiliki siswa yang multi talenta tetapi juga guru dan tenaga kependidikan yang juga memiliki talenta.  Selain memiliki  kemampuan yang sesuai dengan bidangnya mereka juga memiliki kemampuan yang lain. Mulai dari kepala sekolah sampai tenaga kependidikan. Banyak yang memiliki prestasi selain bidang yang ditekuni. Ada karyawan yang menjadi wasit sepak bola, guru bahasa Indonesia juga wasit sepak bola, sopir sekolah yang sering  memberi ceramah agama di berbagai kajian keagamaan, , guru bahasa yang juga pelatih silat, sekuriti yang menjadi  pelatih sepak bola; guru kesenian menjadi perias pengantin; dan lain-lain. Demikian juga peserta didik. Talenta yang dimiliki juga beragam, mulai dari tahfidz, menyanyi, bermusik, olahraga, otomotif, pidato,  kepanduan, berorganisasi, PBB, dan lain-lain. Semua itu dikembangkan di dalam kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi otonom. Dengan talenta yang dimiliki berarti akan memberi warna dalam peningkatan SDM dan secara tidak langsung menjadi media promosi sekolah.
  2. SMAMDA Sekolah Para Juara (School OF Champion). Bakat dan minat yang dimiliki oleh peserta didik ditumbuhkembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler dan diarahkan menuju capaian prestasi dalam berbagai kompetisi. Setidaknya prestasi itu berbeda dengan prestasi yang dimiliki oleh sekolah yang ada di sekitarnya. Berbagai juara tingkat nasional dan internasional telah diraih. Prestasi tersebut berhasil mengantarkan peserta didik masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur prestasi, diantaranya, Rekayasa Teknologi dan Robotika, Paduan Suara, Pencak Silat, dan sebagainya.
  3. SMAMDA Sekolah IT (IT School). Untuk memudahkan proses belajar mengajar, mengerjakan administrasi sekolah, komunikasi dengan wali peserta didik, pengelolaan keuangan sekolah, dan semua akses informasi sekolah, SMAMDA   mengembangkan sistem informasi sekolah (SIS). SIS ini   sangat membantu warga sekolah dan keluarga besar SMAMDA. Semua pekerjaan dan layanan menjadi mudah dan cepat. SIS berfungsi  untuk mengakses dan melakukan aktivitas terkait dengan kelancaran proses pembelajaran dan layanan sekolah.

 

 

Ditulis oleh Wigatiningsih, M.Pd.