Detail Berita

  • Admin
  • 29 Agustus 2019

Ciptakan Karya Smart Parking, SMAMDA Juara ICT Tingkat Nasional

SMAMDA – berputar putar ditempat parkir untuk mencari lokasi yang kosong adalah aktivitas yang tidak efektif dan membuang banyak waktu. Hal ini lah yang menginspirasi 3 siswa Smamda Sidoarjo yakni Syah tanaya paradipta, Muhammad sholikhuddin, Muhammad firzatullah ramadhani ketiga siswa yang keseharianya belajar di kelas XI Mipa 8 ini membuat karya SARMATION (Smart Parking Based on Navigation) dimana pengemudi tinggal pencet tombol ketika akan memasuki area parkir kemudian secara otomatis karcis tertulis lokasi mana yang kosong untuk ditempati pengendara dengan begini pengemudi tidak perlu lagi mencari lokasi parkir dengan waktu yang lama.

Karya ini telah menjuarai AMICTA (Amicom Information Competition Teknologi Award) 2019 di Universitas Amicom Jogjakarta pada tanggal 24 – 25 Agustus lalu, dan prestasi ini Sekaligus  menjadikan SMAMDA Sidoarjo juara bertahan selama 4 tahun berturut – turut di Event yang sama.
Selain mendapat juara pertama Tim Rekto SMAMDA juga mendapat juara ketiga dengan karya Prool (Progressive School) yang beranggotakan Farid Nafis Tsani (XI MIPA 6), Muhammad Daffa Rakan(XI MIPA 6), Alka Alvin Fauzi (XI MIPA 3) Aplikasi ini untuk proses pembelajaran disekolah salah satu fiturnya ada pengingat pembelajaran untuk guru, jadi sistem secara otomatis akan mengirim pesan ke hand phone guru ketika pembelajaran akan dimulai.

Kepala Sekolah Wigatiningsih menjelaskan karya siswa kedepan akan di urus hak atas kekayaan intelektualnya dan akan ditawarkan kerjasama dengan pihak swasta lain untuk menerapkan sistem tersebut.(Mau)